Looping atau dalam bahasa indonesia di sebut dengan perulangan merupakan fungsi pada pemrograman untuk mempermudah penulisan kode pro...

Perulangan pada java (For, While, Do While)






Looping atau dalam bahasa indonesia di sebut dengan perulangan merupakan fungsi pada pemrograman untuk mempermudah penulisan kode program yang tanpa harus menulis program tersebut berulang-ulang.

kita ambil contoh ketika kita hendak membuat sebuah program untuk menampilkan barisan bilangan dari 1-50. untuk menyelesaikannya kita perlu mendeklarasikan variabel tersebut sebanyak 50 kali, sungguh itu sangat tidak efisien untuk itulah loop cukup membantu.

ada 2 jenis loop yaitu:
  • Fixed Loops
dimana jumlah dari perulangan di ketahui
  • Variable Loops
 sedangkan variable Loop merupakan kebalikan dari Fixed Loops  yaitu jumlah dari perulangan tidak di ketahui

sedangkan dalam java terdapat 3 jenis perulangan yaitu :
  • for  Loop
perulangan for digunakan ketika angka dari perulangan sebelum kontrol memasuki loop.
perulangan for memiliki bentuk umum yaitu

for (nilai awal;batas nilai perulangan;perubahan nilai) {
statement;
Proses pengulangan akan terus dilakukan selama kondisi loop bernilai true. Dengan kata lain, proses pengulangan hanya akan dihentikan apabila kondisi telah bernilai false atau sudah tidak terpenuhi lagi.

  • while Loop
perulangan while untuk kondisi perulangan dimana banyaknya perulangan tidak dapat dipastikan pada saat penulisan program (sumber)
bentuk umum while
while (kondisi)
{
statement;
perubahan nilai;
}
  • do-while Loop 
 pada perulangan while dan do while hampir sama hanya saja yang membedakannya adalah tempat peletakan kondisi perualngan. melakukan perulangan kalau kondisi (syarat) terpenuhi. Sedangkan do/while melakukan perulangan dulu, kemudian memeriksa kondisinya atau sayaratnya. Kalau kondisi terpenuhi, maka do/while akan melanjutkan perulangan. Sebaliknya, dia akan berhenti (break). (sumber)bentuk umum penggunaan do while:

do{
statement;
perubahan nilai;
}while (kondisi)

0 komentar: